PHP (Hypertext Preprocessor) adalah bahasa pemrograman berbasis web yang bekerja di server. Karena bekerja di sisi server maka kode sumber (source code) file tidak dapat dilihat di sisi client. Banyak juga yang bertanya apa sih perbedaan PHP dengan HTML ? Perbedaannya adalah PHP digunakan untuk membangun web dinamis sedangkan HTML hanya untuk membangun web statis.

Saat kita membuat sebuah halaman web dengan HTML halaman tersebut akan nampak sesuai kode HTML yang kita buat. Untuk merubah isi maupun tampilan halaman tersebut kita harus mengubah kode sumber file html. Sedangkan pada PHP tanpa merubah kode sumbernya halaman web kita akan menampilkan isi yang berbeda tanpa harus merubah kode sumber file phpnya. Sehingga PHP disebut bahasa pemrograman web dinamis.

Bagaimana Cara Kerja PHP ?


Diagram berikut menampilkan cara kerjanya.
Bagaimana cara kerja PHP
Contoh paling mudah adalah ketika anda membuka situs ilmusoft.com maka anda telah melakukan request file index.php ke server. Sehingga request ke http://www.ilmusoft.com sama dengan request ke http://www.ilmusoft.com/index.php. File index.php saya buat supaya melakukan query ke database, mengambil artikel terbaru untuk ditampilkan di halaman depan. Sehingga halaman depan situs ini akan berubah isinya saat ada artikel baru yang saya tulis. Jika saya menggunakan index.html maka saya harus melakukan cara manual yaitu mengedit kode sumber html setiap ada artikel baru. Bukankah itu merepotkan ?

Persiapan Belajar PHP


Karena bekerja disisi server maka kita harus menyimpan file tersebut di server yang mendukung bahasa PHP misalnya Apache Web Server. Jika anda sedang belajar maka bisa menggunakan aplikasi bernama XAMPP. Disitu sudah terdapat server apache dan sekaligus database mysql. Setelah selesai menginstal XAMPP maka anda harus meletakkan file php di folder default htdocs yaitu C:/Program Files/xampp/htdocs. Misalnya C:/Program Files/xampp/htdocs/latihan. Lalu kunjungi halaman web anda dengan mengetikkan http://localhost/latihan. Sebelumnya jangan lupa untuk menjalankan apache.

XAMPP Apche Start

Syntax Dasar PHP


Bahasa PHP disimpan dalam bentuk file teks berekstensi php (.php). Kode PHP diapit antara tanda <?php dan ?>. Berikut adalah kode sumber PHP sederhana.

<?php
echo "Hello World !";
?>

Simpan dengan nama terserah.php. Saat dibuka di browser anda akan melihat tulisan Hello World ! tampil di layar.

Apa Selanjutnya ?


Yang terakhir terserah Anda. Dunia PHP sangatlah luas, tidak cukup hanya mengunjungi satu situs yang membahas PHP atau membaca satu buku saja. Kita harus sering mengunjungi situs yang membahas pemrograman PHP dan membaca banyak buku atau ebook tentang PHP. Situs resmi PHP adalah php.net. Jika anda serius ingin belajar maka jelajahilah internet dan bacalah banyak buku. Baca juga Apa yang dimaksud Bahasa Pemrograman Komputer ?

Selamat belajar...